Langsung ke konten utama

Islamic Center Lombok, Wisata Religi di Tengah Kota


Islamic Center Lombok

Gadis kecil itu bernama Anisa. Saya bertemu dengannya seusasi sholat di masjid besar yang berjarak hanya sepelemparan batu dari tempat tinggal saya di Mataram. Dia adalah satu diantara banyak siswa yang medatangi Islamic Center untuk melaksanakan kewajiban sebagai muslim. Meski banyak rombongan lain yang datang, perhatian saya hanya tertuju pada rombongannya.

Yang membuat saya kagum adalah mereka masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Didampingi para gurunya, mereka antusias melakukan ibadah sepulang sekolah di masjid ini. Saya mengamati kelakuan siswa-siswa itu beberapa jenak. Setelahnya, saya kembali memotret sekelebat kemewahan yang nampak didepan saya.

***

Masjid ini digadang-gadang sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Islamic Center berada tepat dijantung Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain menjadi pusat kajian ilmu-ilmu agama, masjid ini juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, hingga pasar seni. Kita bisa memantau seisi Lombok dari atas menara masjid ini.

Saya tidak heran mengapa banyak orang menyebut Lombok sebagai Serambi Madinah. Selain pulau ini disesaki masjid, Lombok juga masih sangat memperhatikan segala aktifitas berbau keagamaan. Semuanya melebur dalam satu bangunan besar bernama Islamic Center.

Meski kuliah di Lombok, jarang sekali saya berkunjung ke Islamic Center. Padahal hampir setiap hari saya melintasi wilayah ini. Saya juga terbiasa melihat turis asing dihalaman masjid. Kadang mereka singgah untuk berfoto, dan membeli sovenir yang dijejaki para pedagang. Begitu juga pada malam harinya, kelap kelip cahaya Islamic Center adalah daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melintasi tempat ini.

Islamic Center Lombok

Islamic Center Lombok

Pemerintah melalui kebijakannya membangun satu bangunan sebagai tempat interaksi muslim, yang lalu menjelma menjadi ikon baru dan banyak dikunjungi wisatawan. Saya sangat terkesan dengan masjid ini. Bangunannya yang besar dan megah mencerminkan keperkasaan Islam dizaman Khalifah.

Berbekal kamera smartphone, saya mengelilingi masjid ini lalu mencari apa saja yang bisa diabadikan. Saat menaiki tangga, saya melihat Bedug berurukan besar dan bertulisakan "Persatuan Muslim Tionghoa Indonesia PITI-NTB" di sana. Saya menduga bahwa Bedug tersebut sengaja disumbangkan oleh Persatuan Muslim Tionghoa sebagai cindera mata lalu ditempatkan disini.

Setelah itu, saya kembali memasuki bagian utama masjid. Di sana saya melihat lampu-lampu indah bergelantungan menyapa setiap jama'ah. Luasnya hampir setara lapangan bola hingga mampu menampung banyak orang. Selanjutnya saya berjalan menuju puncak menara. Saya penasaran dengan penorama Lombok dari ketinggian. Di bagian ini, energi saya cukup terkuras, sebab untuk sampai dipuncak kita mesti melewati banyak anak tangga.

Diatas menara islamic Center yang menjulang, saya memandang jauh seisi Lombok. Dari sini saya bebas menjelajah, bebas menerewang, serta bebas meluapkan rasa syukur atas segalanya. Saya menyarankan jika kamu singgah di Lombok dalam waktu yang tidak lama, sempatkanlah mampir ketempat ini.

Mataram, 08 Februari 2017

Komentar

  1. banyak sudah kota besar dan kecil memiliki Islamic Center dan justru menjadi tempat wisata religi juga sih emangnya ge

    BalasHapus
  2. subhanallooh keren bangett aku kira itu di luar negri, ternyata di Lombok, Indonesia, keren keren

    BalasHapus
  3. Saya sangat setuju jika di sekolah dibuat mushola/masjid, akan tetapi anak sholat duhurnya di situ, sehingga anak pulang sudah solat

    BalasHapus
  4. Islam di Lombok sepertinya multi etnis mas Imron ya....? Akulturasi budaya sepertinya jg punya catatan yg bagus di lombok...sy liat ada "Bedug Persatuan Islam Tionghoa...."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, disini multi etnis dan selalu menjaga keberagaman.

      Hapus
  5. Wah itu di Lombok mas ?
    keren gitu ya.. benar itu masjidnya megah banget. Aku punya temen di rantau orang lombok. Pengen rencanan maen kesana. Pengen juga maen2 ke masjid2 di Lombok..

    Bedugnya besar ya, pernah waktu itu berkunjung ke Kebumen, bedugnya juga besar, hampir sama yang beda warnanya mas :)

    BalasHapus
  6. Wah keren banget nih mas!...
    Mantab mas!
    Pengen banget kesitu sepertinya saya!...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Angling Dharma dan Imajinasi Masa Kecil

Angling Dharma dan Imajinasi Masa Kecil Di antara sekian banyak serial kolosal tanah air, favorit saya tetaplah Angling Dharma. Semasa masih SD dan SMP, saya tak pernah alpa menonton film ini. Saya sampi hapal nama-nama tokoh juga ajian pamungkasnya.  Semalam, saya menghabiskan waktu berjam jam untuk menyaksikan serial Angling Dharma di Youtube. Saya menonton ulang episode demi episode. Beberapa yang saya sukai adalah mulai dari Wasiat Naga Bergola hingga pertempuran melawan Sengkang Baplang.  Entah kenapa, meskipun sudah menonton berkali-kali, saya tak pernah bosan. Serial Angling Dharma punya cita rasa tersendiri bagi saya. Serial ini selalu mampu membangkitkan ingatan di masa kecil. Dulu, saya selalu menyembunyikan remot tv saat menyaksikan serial ini.  Salah satu adegan favorit saya adalah saat Angling Dharma beradu kesaktian dengan banyak pendekar yang memperebutkan Suliwa. Hanya dengan aji Dasendria yang mampu menirukan jurus lawan, ia membuat para musuhnya tak berkutik. Angling

Rahasia Sukses Timnas Maroko di Piala Dunia Qatar 2022

Timnas Maroko "Itulah bola, selalu ditentukan oleh nasib, sebagaimana Argentina vs Arab Saudi kemarin. Demikian pula yang terjadi pada Maroko malam tadi".  Kalimat di atas adalah contoh kalimat malas mikir. Tak mau menganalisa sesuatu secara objektif dan mendalam. Akhirnya tidak menemukan pembelajaran dan solusi apapun atas satu peristiwa.  Jangan mau jadi orang seperti itu. Berfikirlah secara rasional. Gunakanlah semua instrumen untuk menganalisa satu perkara. Perihal Maroko menang semalam itu bukan soal sepakbola itu ditentukan nasib, tapi soal kualitas pemain, strategi, mental tim, dan kerja keras.  Salah satu faktor kekalahan Argentina melawan Arab Saudi pada fase grup adalah efektivitas jebakan offside yang diterapkan Arab Saudi. Hal itu juga diiringi dengan efektivitas pemain Arab Saudi dalam mengkonversikan peluang menjadi gol.   Portugal menang 6-1 lawan Swiss bukan ujuk2 soal nasib baik, tetapi karena kolektifitas tim dan faktor yang disebutkan di atas tadi. Pelatih

Kesadaran Memiliki Anak

Gambar: google Lagi ramai soal " childfree " atau sebuah kondisi di mana seseorang atau pasangan memilih untuk tidak memiliki anak. Biasanya, penganut childfree ini beranggapan bahwa memiliki anak itu adalah sumber kerumitan. Benarkah?  Saya belum bisa menyimpulkan sebab sampai tulisan ini di buat, saya sendiri belum memiliki anak. Tapi, menarik untuk membahas tema ini. Saya senang dengan kampanye soal ribetnya memiliki anak, sekali lagi saya ulangi, jika kampanye itu bertujuan untuk membangun kesadaran bahwa tidak gampang memiliki, mengurusi, mendidik, dan membesarkan anak.  Maksudnya, jika kita ingin memiliki anak, sadari dulu konsekuensi bahwa memiliki anak itu tidak gampang. Para orang tua minimal dituntut untuk membesarkan anak ini secara layak. Tak perlu jauh-jauh, tengok saja di sekitar kita, tak jarang orang tua mengeksploitasi anak untuk kepentingan yang tidak wajar.  Contoh kasus: saya sering melihat ibu-ibu mengemis di lampu merah sambil menggendong anak. Di kota-k